09/03/2013

Cerita tak berjudul

Menatap kursor yang berkedip2 pada layar komputer.
Sungguh, sebenarnya banyak sekali huruf2 yang ingin kurangkaikan, banyak sekali kata2 yang ingin kutuliskan, dan jari2ku sudah gatal sekali ingin menari2 diatas keyboard. Mengukir sebuah cerita kelam yang muncul jauh dari dalam samudra yang terdalam.

Jika sebuah cerita biasanya dimulai dengan kata2 seperti..alkisah, atau.. pada suatu hari, atau mungkin..dahulu kala.. sama seperti yang banyak tertera pada buku2 dongeng para balita.
Alangkah mudahnya ketika kita telah mengetahui awal kata dari suatu cerita, kita tinggal meneruskannya ke hilir, mengalir mengikuti irama air.. Sayangnya, untuk cerita yang satu ini, aku tak jua tahu kata apa yang tepat sebagai permulaan. Sungguh sebuah permasalahan sempurna yang menghadang tepat di awal cerita.

Masalah yang lainnya, cerita selalu membawakan lagu yang terikat dengan melodi, sehingga ia terdengar merdu dan renyah dicerna hati. Apa jadinya ketika sebuah cerita terlepas ikatannya.. sama saja seperti melepaskan kuda liar ke perkampungan. Ia akan menakuti semua orang, membuat kekacauan pasar, dan melukai siapapun yang berada didekatnya.. sungguh harga yang sangat mahal untuk sebuah cerita. Dan tahukah kawan, permasalahan kedua dalam ceritaku ini adalah.. ia sulit sekali untuk terikat.. sempurna tak bisa terikat..
Lalu apa guna kuteruskan, jika semakin jauh cerita kubacakan, semakin banyak pula hati yang tersakitkan.

Layar komputer masihlah kosong, dan sang kursorpun masih berkedip2,
Semakin lama ia berkedip, semakin keras ia menyeret ceritaku ini keluar dari penjaranya. Puluhan lembar kata2nya bergelombang dalam hati, ratusan dialognya bercampur aduk dalam dada, dan ribuan alurnya memenuhi otak ini bagaikan sebuah labirin dengan tingkat kesulitan tak terampuni.
Dan akhirnya, aku harus rela menatap jari2 ini bergetar menari2 di atas keyboard. Mengalunkan lagu tak berjudul dengan irama terbata-bata..
Musikpun terhenti, ceritapun usai dituliskan..

Aku kembali menatap kursor yang berkedip2,
sempurna berkedip diakhir rangkaian 5 buah huruf... R, ...I, ..N, ..D, dan ..U...
(repost 04 Mar 2013)

No comments:

Post a Comment